Home » Uncategorized » Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Informasi Berbasis ICT ( Scientific Friday Of Educational Technology)

Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Informasi Berbasis ICT ( Scientific Friday Of Educational Technology)

indaryaniSalah satu kendala dalam mendidik siswa adalah rendahnya motivasi belajar. Motivasi merupakan tantangan tersendiri agar terus terjaga bahkan ditingkatkan. Motivasi dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui layanan informasi berbasis ICT (Infomation and Communication Technology). Indaryani adalah seorang guru Bimbingan Konseling SMAN 16 Bandar Lampung yang memiliki perhatian terhadap motivasi belajar siswa. Pada kesempatan kali ini, Indaryani memaparkan cara meningkatkan motivasi belajar melalui layanan informasi berbasis ICT.

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini berkembang dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik. Terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Pendidikan merupakan sumber kemajuan bangsa yang sangat menentukan daya saing bangsa, dengan demikian, sektor pendidikan harus terus menerus ditingkatkan mutunya. Adanya kesenjangan dalam mutu pendidikan disebabkan faktor sarana dan prasarana yang belum memadai,sumber daya manusia yang belum memadai dan masih terbatas dan juga kurikulum yang belum siap untuk menyongsong masa yang akan datang. Penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis ICT adalah salah satu langkah strategis dalam menyongsong masa depan pendidikan Indonesia. Hal ini sesuai dengan kebijakan yang ada dalam Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009. Kurikulum masa depan bukan sekedar mengikuti Tren Global melainkan merupakan suatu langka strategis didalam upaya meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan kepada masyarakat.

Secara geografis dan sosial ekonomis Indonesia, penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis ICT akan menjadi tulang punggung sistem pendidikan masa yang akan datang. Dengan penerapan kurikulum berbasis ICT yang akan dikembangkan harus mampu mengangkat harkat dan nilainilai kemanusiaan dengan terciptanya layanan pendidikan yang lebih bermutu dan efesien, sehingga dapat memenuhi krbutuhan manusia didalam zamanglobal dan kompetitif ini. Pengembangan kurikulum ICT Pada masa yang akan datang perlu diarahkan pada terwujudnya system pendidikan terpadu yang dapat membangun bangsa yang mandiri, dinamis dan maju.

Oleh : Indaryani, NPM 1423011013

Jumat/ 4 September 2015 (pertemuan ke tiga)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *